Panjiesantoso's Blog

Just for share everything

Belajar Bagaimana Belajar

Dari banyak mata pelajaran/mata kuliah yang pernah saya kerjakan, pelajaran bagaimana caranya belajar, adalah suatu pelajaran yang tidak pernah saya dapatkan di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi yang saya datangi. Padahal, pelajaran ini mengajarkan pada siswa bagaimana bersekolah secara efektif, namun juga efisien. Semua siswa dianggap sudah tahu bagaimana caranya belajar, karena cuma ada dua: baca textbook nya, dan kerjakan tugas-tugasnya. Sudah. Dari jaman kelas satu SD sampai sekolah yang jumlah S-nya berlipat ganda, tidak ada kemajuan, ituuu saja metode yang dipakai. Ngga heran, banyak rekan-rekan yang benci atau bosan bersekolah. Ngga heran, kalau kita kurang maju. Jujur saja.

Penasaran, karena setahu saya, teori bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien itu diajarkan sebagai satu mata kuliah tersendiri, walaupun saya tidak tahu di sekolah mana mata kuliah ini diajarkan; saya iseng googling dengan keywords “How to learn in college”.

Jreng.

Dapet deh.

Berjudul: Hacking Knowledge: 77 Ways to Learn Faster, Deeper, and Better

Dengan URL: http://oedb.org/library/college-basics/hacking-knowledge

Berhubung tipsnya terdiri dari 77 poin yang ditinjau dari 12 sudut berbeda, juga berhubung jam istirahat kantor saya terbatas, jadi ndak bisa nulis panjang-panjang, saya ketikkan di sini sedikit saja. Siapa tahu anda jadi tertarik untuk tahu lebih lanjut di situs aslinya.

Verbal and Auditory

Techniques Stimulate ideas. Buat kalimat-kalimat berpantun. Sebutkan kata-kata yang tidak nyambung atau tidak masuk di akal. Ini menyebabkan Anda merasa santai, dan lebih mudah menerima hal baru atau mempelajari sesuatu.

Brainstorm. Ini adalah teknik yang diakui sepanjang masa, kombinasi dari aktifitas verbal, menulis dan kerja sama (satu orang dapat mengerjakan brainstorm, tapi brainstorm sebenarnya lebih efektif jika dikerjakan oleh satu grup). Ini sangat efektif jika aturan mainnya dipenuhi. Pertama, jangan pernah mencoret ide apapun dari siapapun. Semua ide dicatat lengkap, untuk diteliti di fase berikutnya. Berpartisipasi dalam kegiatan brainstorming membantu Anda menelaah kembali apa yang telah Anda ketahui dan apa yang belum Anda ketahui.

Learn by osmosis. Punya iPod? Baca dan rekam pelajaran Anda, simpan di iPod, pasang ketika Anda mau tidur. Stel automatic rewind. Ini cocok untuk pelajaran bahasa dan hafalan lainnya.

Kinesthetic Techniques

Keep a journal. Jurnal di sini adalah alat untuk melihat pengalaman-pengalaman sebelumnya. Jika Anda tambahkan gambar-gambar seperti printscreen referensi, tabel-tabel, chart, flowchart dst, jurnal Anda akan menjadi cara yang sangat kreatif bagi Anda untuk belajar.

Organize. Gunakan tab berwarna untuk memisahkan bagian-bagian dalam sebuah buku/jurnal.

Use post-it notes. Gunakan Post It untuk merekam pendapat/pikiran/pertanyaan Anda terhadap suatu bacaan, tanpa mengotori buku Anda dengan bolpen atau pinsil

13 Mei 2010 - Posted by | pendidikan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: