Panjiesantoso's Blog

Just for share everything

Dalam 6 Bulan 5400 Wanita Diperkosa

Rakyat di Republik Demokratik Kongo khususnya perempuan mungkin pada saat ini lagi dalam keadaan trauma. Pasalnya sebanyak 5.400 perempuan diperkosa dalam enam bulan pertama tahun ini. Menurut Penjelasan dari Juru Bicara PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan Provinsi Elisabeth Byrs, South Kivu, di dekat Rwanda, merupakan tempat yang semakin berbahaya bagi warga sipil, khususnya perempuan.
“Serangan malam hari terhadap warga sipil oleh elemen bersenjata yang tak teridentifikasi, dan pemerkosaan terhadap perempuan, terus terjadi,” kata Byrs di markasnya di Jenewa, Swiss, seperti yang ditulis di Reuters via okeZone.com, Rabu (21/10/2009).

Byrs juga mengutuk kekerasan kemanusiaan oleh kelompok-kelompok yang bertikai di Kongo. ”Sekali lagi, kami mengutuk kekerasan kemanusiaan oleh kelompok-kelompok bertikai di Kongo. Rupanya pemerkosaan yang menggila ini terus berlanjut,”. Menurut Byrs, 90 persen kasus rudapaksa dilakukan oleh kelompok bersenjata atau pasukan reguler di wilayah konflik.

Congo Rape
Sangat mengerikan memang bagi kaum perempuan yang berada di di timur Kongo. Kehidupan menjadi benar-benar seperti neraka bagi para mereka. Beberapa laporan bahkan menyebutkan pasukan perdamaian PBB memperkosa perempuan di area perang. Kongo merupakan salah satu daerah operasi terbesar PBB. Ratusan ribu orang di timur negeri itu telah terusir dari tempat tinggal mereka.

Sementara dikutip dari AFP, para aktivis HAM menyebutkan pemerkosaan digunakan sebagai senjata dalam perang, dan 200.000 perempuan dewasa maupun para gadis telah diperkosa semenjak 1998.

17 Mei 2010 - Posted by | serba - serbi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: