Panjiesantoso's Blog

Just for share everything

Escobar Bunuh Diri, lalu Mati (1994)

Gambar

Bek Kolombia Andres Escobar tewas tertembak di luar bar ‘El Indio’ di wilayah suburban kota Medellin. Diberitakan, pembunuh meneriakkan kata “Goool!” (ala komentator Amerika Selatan tiap terjadi gol) setiap menembakkan satu butir peluru. Tercatat, 12 peluru diarahkan ke sang pemain.

Gol bunuh diri pemain kelahiran 13 Maret 1967 ke gawang Amerika Serikat di Piala Dunia 1994 menjadi motif pembunuhan karena si penembak kalah berjudi. Sang pelaku pembunuhan Humberto Munoz Castro menaruh uang banyak pada Kolombia di bursa taruhan soal timnas mana yang lolos dari fase penyisihan grup. Muncul pula asumsi lain bahwa kematiannya karena akibat dari pertengkaran di bar.

Munoz ditangkap pada Juni 1995 dan divonis 43 tahun penjara. Sebelumnya ia bekerja sebagai guru di sebuah sekolah dasar. Pada 2001 hukumannya dikurangi menjadi 26 tahun. Dalam sebuah keputusan yang kontroversial, pada 2005 Munoz dibebaskan karena berperilaku baik selama di tahanan.

Escobar masih sangat dikenang oleh rakyat Kolombia, khususnya penggemar Atletico Nacional. Saudaranya, Santiago, melatih sejumlah klub Kolombia.

20 Juni 2010 - Posted by | sejarah dunia

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s